Saturday, October 27, 2012

Pantai Mananga

Pantai Manangan terletak di Desa Wendewa Utara Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah. Pantai ini merupakan tempat berlabuhnya kapal pencari ikan bagi masyarakat Mamboro yang berprofesi sebagai nelayan. Pada pantai ini terdapat sebuah muara yaitu Muara Sungai Mamboro. Di muara inilah banyak kapal nelayan ditambatkan.





Sesuai letaknya, Pantai Mananga terletak di sebelah utara  dengan ombak yang relatif agak kecil. Pantai ini cukup ideal bagi anda yang sangat menyukai pancing laut karena tersedia kapal - kapal nelayan yang dapat disewa dan digunakan untuk memancing dilaut dalam. 


Berdasarkan informasi nelayan setempat, berbagai ikan terdapat dipantai ini hanya tinggal tunggu keberuntungan saja. Untuk memancing ikan tuna pun dapat di tangkap jika beruntung. untuk memancing ikan tuna para nelayan biasanya menggunakan bulu ayam sebagai umpannya. Ketika mendapat keberuntungan takjarang mereka dapat membawa pulang hingga belasan ekor ikan tuna sepanjang 1,5 m atau lebih dan biasanya mereka jual 200 ribu per ekor di tepi pantai.



Pantai ini berpasir agak coklat tetapi sudah kategori pantai pasir putih. Pantai ini berjarak 35 km dari Waibakul, Kota Kabupaten Sumba Tengah. Dan 35 km dari Waikabubak, Kota Kabupaten Sumba Barat.




Pantai Mananga ini tepat berada di Kota Kecamatan Mamboro dan merupakan satu garis pantai dengan Pantai Lenang. Ingin memancing datang kesini pantai asri dan alami. 

Muara Sungai Mamboro

No comments:

Post a Comment