Sunday, August 21, 2011

Forum Perempuan Sumba

Stand FOREMBA
Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 66 di laksanakan dengan meriah di setiap Kabupaten di Pulau Sumba, termasuk di Kabupaten Sumba Tengah telah diadakan Gerak Jalan, Karnaval, dan Parade Kendaraan Hias ( Pawai ) tidak ketinggalan Pameran yang diselenggarakan oleh Permerintah Daerah diikuti  dan Pacuan Kuda pun dilakasanakan dalam kaitan memperingati Hari Kemerdekaan RI. Pada hari ini adalah hari terakhir Pameran di Kabupaten Sumba Tengah yang dilaksakan di lapangan Ratuwoya, kebetulan sy bisa datang dan sempat melihat - lihat bersama seorang teman, dan akhirnya sampailah pada suatu stand Pameran yang menarik perhatian sy sebuah stand yang memamerkan banyak Kain Tenun Sumba. Stand Pameran itu bernama Foremba, berkunjunglah kami ke stand itu untuk melihat - lihat. Penjaga stand itu adalah 2 orang ibu yang ramah menjelaskan dan menujukkan berbagai koleksi Kain tenun yang mereka pajang. Ternyata Foremba itu adalah Forum Perempuan Sumba yang pada perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 66 ini mereka ikut memeriahkan dengan memamerkan kain tenun hasil karya kelompok binaannya. Dan salah seorang ibu tersebut adalah seorang Direktur Yayasan Forum Perempuan Sumba dan seorang lagi ketua kelompok binaan Yayasan Foremba.

Berikut ini beberapa data Yayasan Foremba yang sempat saya ketahui dari hasil ngobrol 2 dengan ibu direktur dan ketua kelompok : 

   Direktur Yayasan Forum Perempuan Sumba
   Nama                          : Ibu Salomi Rambu Iru
   Lokasi kantor pusat : Waihibur, Kabupaten Sumba Tengah 
   Produk                       : Kain tenun khas Sumba, Sirup Sari Mengkudu

  Dan salah seorang ibu lagi adalah ketua kelompok binaan dari Foremba ini : 
  Nama                           : Ibu Maria Mai.

Ibu Maria inilah yang menjadi pengajar bagi kelompok binaan lainya dalam hal tenun - menenun kain sumba. Kalau sy tidak salah ingat ada sekitar 6-9 kelompok  yang terdiri dari 6-9 orang perempuan.

Ibu Salomi Kanan dan Ibu Maria Kiri ( Foremba )
Menurut Ibu Salomi, pendiri Forum Perempuan Sumba ada 5 orang pelopor yaitu : 
1. Umbu Kuala Habatana.
2. Agus Toungu Angu.
3. Salomi Rambu Iru.
4. Daniel Tuga Walu Waja
5. Ita Kanu.

Dan Forum Perempuan Sumba  berdiri Tahun 1998 dan bergerak pada 4 bidang :
1. Kesehatan.
2. Pendidikan.
3. Ekonomi.
4. Pendampingan ( Kemandirian )

Dan salah satu hasilnya adalah Kain Tenun Ikat dan Kain Tenun Sulam yang di pamerkan dan dipasarkan memalui jaringan dan kelompok Foremba se- Sumba. Nah bagi anda yang ingin melihat / mempelajari atau sekedar berwisata untuk mengetahui cara dan proses menenun khas tenun ikat dan tenun sulam Sumba sy sarankan untuk mendatangi ibu - ibu FOREMBA apalagi jika anda ingin membeli oleh - oleh berupa kain atau selendang di Foremba lengkap tersedia dengan harga yang sangat bersaing dan kualitas yang terjamin. 

No comments:

Post a Comment