Friday, September 2, 2011

Waikelo Sawah

Waikelo Sawah, Kab. Sumba Barat Daya
Perayaan Lebaran telah berlalu, setelah 2 hari keliling - keliling mengunjungi teman, sahabat dan saudara untuk bersilaturahmi dan bermaaf - maafan, hari ketiga enaknya .... Jalan - Jalan .... Akhirnya sy memutuskan untuk jalan - jalan ketempat yang sejuk dan santai, "Kilo Sembilan" kami biasa menyebutnya atau "Waikelo Sawah" nama resminya. "Ayo berangkat"....... perjalanan tidak jauh namanya juga kilo 9 jadi jaraknya dari kota waikabubak ya cuma 9 km, jalan yang ditempuh cukup baik, kurang lebih 15 menit saja sudah sampai, suasana sejuk, hijau dengan pemandangan sawah serta air yang keluar dari gua ini membuat suasana tambah sejuk. Air nya begitu jernih dan sangat sejuk, cocok untuk berendam dan berenang di air dingin dengan sedikit dapat melupakan panasnya kota Waikabubak. 

Waikelo Sawah, Kab. Sumba Barat Daya
Tempat ini menjadi langganan masyarakat Kota Waikabubak pada musim kemarau di mana sumur 2 sudah mulai kehabisan air sehingga mereka datang ke Waikelo Sawah ini untuk mandi dan mencuci pakaian sekalian refresing .... Sayangnya tempat indah ini tidak terawat seandainya dijaga dan di rawat tempat ini dapat menjadi tempat favorit bagi Keluarga. Anak - anak akan senang bermain air tentunya dengan pengawasan orang tua.

Waikelo Sawah, Kab. Sumba Barat Daya

Pemandangan sawahnya pun sangat menarik ditengah musim kering begini sawah di Waikelo Sawah ini tetap hijau di tanami padi sepanjang tahun dengan air irigasi yang tiada habisnya, yang bersumber dari gua, dulunya Gua tempat keluarnya air ini sangat keramat bahkan seringkali dilakukan upacara Marapu ( kepercayaan Asli Sumba ), kini tradisi tersebut sudah tidak dilakukan lagi. Bagi anda yang kebetulan berada di Sumba Barat ketika musim kering dapat singgah ke Waikelo Sawah untuk sekedar merasakan sejuknya Air Tawar Sumba, anda akan disambut dengan senyuman dan keramahan masyarakat sekitar Waikelo Sawah. Di jalan masuk menuju Waikelo sawah juga ada pedagang kaki lima yang menjual beberapa jenis buah - buahan hasil dari kebun masyarakat sekitar, jika anda berminat dapat membeli beberapa buah untuk dimakan di perjalanan atau sekedar mencicipi buah hasil dari tanah Sumba...

Pertigaan Waikelo Sawah, Kab. Sumba Barat Daya

Lokasi    : Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.
Jarak     : 9 Km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.
Fasilitas : -




2 comments: