Saturday, February 25, 2012

Honda New Megapro KU Bocor tangkinya

Setelah membaca beberapa artikel dan tulisan di dunia maya, ternyata banyak juga yang mempunyai masalah dengan tangki new megapro yang cepat sekali keropos.
Hal ini mendorong saya untuk membagikan pengalaman tentang hal ini. Kebetulan saya adalah pemilik kendaraan berlambang sayap tersebut.
Awal mulanya motor ini saya beli tahun 2006 lalu .... untuk saya gunakan sehari – hari dari kos ketempat kerja di Semarang, dan seminggu sekali ke Wonogiri mudik hehehe....
Nih kondisi waktu baru beli dulu tahun 2006
Ketika beli dulu sempat sih milih – milih dan bandingkan dengan motor – motor lainnya yang kira – kira sekelas lah menurut saya ....

Sempat liat – liat Yamaha Scorpio, dan Vixion cuma waktu itu yamaha scorpio saya anggap kegedean buat saya yang agak kecil badannya sedangkan vixion waktu itu kalo mau harus inden jadi saya beralih ke Honda Tiger dan New Megapro. Nah Tiger juga kegedean apalagi dengar dari teman – teman mengatakan onderdilnya mahal . . . jadilah ke New Mega Pro waktu itu minatnya ke motor laki, karena rasanya gagah dan tenaganya diatas motor bebek mungkin ....

New megapro bagus  bodinya saya suka, tidak terlalu besar dan mesinya masih sejenis GL Pro jadi bengkel biasa dan teman saya dah biasa nangani kalo ada masalah. Dengan pertimbangan tersebut jadilah beli New Megapro... apalagi onderdilnya banyak bertebaran tinggal beli di bengkel kecil juga ada mau ori ato tidak tergantung kocek aja ...



Ini kondisi setelah 4 tahunan dipakai
Selama 2,5 tahun saya pakai tidak ada masalah perjalanan Wonogiri – Semarang seminggu sekali aman dan lancar, tarikan paslah tenaga Ok kadang suka berhadapan dengan Bus besar lumanya bisa ngejar dan nyalip cepat kira – kira cocoklah sama karakter berkendara saya. Pikir saya paling awet nih motor tinggal ganti oli dan servis rutin doang.
Selama 2,5 tahun saya pakai tidak ada perbaikan berarti paling lampu Spidometer ada yang mati, Lampu besar mati, dan Tali gas serta Tali Kopling Putus. Beli gantinya juga murah lampu spido paling Rp. 1.000 ,- per  biji, dan lampu besarnya tidak putus cuma timah di lampunya saja tuh yang memleleh jadi di solder lagi bisa dipakai sampai sekarang. Sedang tali gas dan kopling sekitar 15 ribu sampai 35 ribu, tali kopling bisa di oplos dengan tali kopling Vespa Cuma ya jadi agak berat aja nariknya. Tapi saya pilih ganti aja dengan yang biasa di bengkel lumayan tahan juga tali gas dan koplingnya.

Karena Satu dan lain hal akhirnya saya harus keluar pulau jawa untuk bekerja, akhirnya Motor ini pula yang saya boyong Ke NTT, dan saya pakai kerja, serta masuk kekuar kampung dengan medan yang cukup berat ( tak ber - aspal ) tanpa masalah, sampai suatu ketika Aki mulai minta diganti, dan tali spido dan rpm menyusul. Kurang lebih sudah 3,5 tahun lah saya pakai dan masuk tahun ke 4 mulai tercium aroma tidak sedap dari bawah tangki dekat keran .... nah ini dia masalah besar datang, ternyata tangkinya bocor duh ... duh.... nih motor kesayangan yang saya gunakan dalam perjalanan jauh ini mulai tidak menyenangkan dan selalu membawa saya was .. was ... mengingat tangki bahan bakar itu sangat vital, jika salah bisa – bisa meledak sama orang – orangnya. Cek ... cek .... huhf... ngeri juga.

Akhirnya Saya bawalah ke teman untuk liat, dibuka dan dikuras tangkinya eh keluar lumpur warna coklat tebal banget, kata kenalan saya itu ( mas Dar ) itu karena tidak pernah dikuras tangkinya dan kemasukan air dari tutup tangki atau bisa juga bensinnya mengembun... tapi saya kalo ngisi bahan bakar selalu di POM bensin, Kok bisanya ... mungkin waktu nyuci motor saya juga kurang perhatian keasikan nyuci air masuk dari lubang kunci di tangki...
  
Hasilnya 3 buah lubang kecil  - kecil di tambal dengan lem besi. Saya kembali percaya diri  dengan motor ini .... Semangat ....
Sekarang kalo cuci motor pake tutup kantong kresek di tutupan tangki supaya tidak kemasukan air.
1 bulan saya pakai  mulai lagi bensinya merembes, saya kira sudah aman ternyata ... ... tidak. kali ini saya bawa ke bengkel kenalan juga ( Mas Mat ) baru diperhatikan, banyak sekali cat luar dan bawah tangki yang sudah melendung dan itu gejala bocor ... setelah digaruk, Gila .... bagian bawah tangki sebelah luar dan dalam kiri dan kanan dari depan sampai belakang lubang ukuran kecil, sampai sedang wah bisa 30 sampai 40 lubang ... mampus aku .... solusinya gimana nih mas ... “ kata ku “ ya diganti, duh ... ditempat terpencil begini nyadi dimana Tangki New Mega Pro Ori, paling yang ada tangki GL Pro... akhirnya putuskan dilem dulu sambil saya pesan tangki dulu di Bali mungkin ada ...

Tuh perhatikan bagian bawah tangki sudah saya lem dengan lembesi.

Sebenarnya bagian dalam bawah juga ada banyak bolong yang sudah saya lem dengan lembesi.


Setelah itu, setiap hampir 1 Bulan atau 2 bulan ada saya lubang baru, stress .... dah ... pokoknya, saya tambal dengan Sabun Cap tangan untuk sementara dan kalo ada waktu saya bongkar sendiri dan saya lem dengan lem besi ... dalam hati, “ hancur dah motor ku “ jadi tidak karuan modelnya tambalan kiri kanan dan sana sini huf mau bagaimana lagi.


Sampai saatnya datang lah tangki yang saya pesan kepada paman saya yang ada di Bali untuk memebelikan tangki New Mega Pro, eeehhh ternyata yang datang tu tangki GL Pro original, buset melayangdah 700 rb duit ku untuk biaya pembelian tangki dan ongkos kirim ke sumba barat, NTT.

Biar bagaimanapun sudah kepalang basah di pakai saja tangki GL tu.... ternyata jelek banget, jok nya nggak pas .... akhirnya nggak jadi dipakai mending dijual lagi ma teman kali aja ada yang mau. Solusi lagi dari teman coba dilas dan di cat ulang, akhirnya saya bawa tangkinya untuk dilas dan cat ulang.
Nih dia bisa ternyata, plat yang keropos diganti semua, di dempul dan dicat hitam lagi jadi. 400  rb melayang dan 35 rb untuk stiker pesan di sumba timur. Tangkinya ditempeli stiker dan di kelir rapi banget puas ... dan bagus banget.
Nih Kondisi setelah tangki di Las dan dicat ulang serta ditempeli stiker dan di Clear....
Lumayan dari pada bocor sana sini ..
 Sampai sekarang saya masih pakai tangki hasil las – lasan tersebut, dan masih lumayan awet dan untuk jaga – jaga saya pesan tangki baru di jawa, dan dapat sepupu saya yang cari di dealer, itu pun dealernya masih nyari dulu di 3 suplyer baru dapat tuh tangki sekarang tinggal di kirim doang. Syukurlah motor kesayangan dah dapat tangki baru..... tapi 500 rb melayang untuk satu tangki Ori. Belum ongkos kirimnya

Tanya – tanya di bengkel sini  ternyata ada banyak motor New Megapro yang bocor bahkan ada yang baru beberapa Bulan di beli sampai 1,5 tahun dipakai dah bocor ... duh ... kasian banget mending saya 4 tahun di pakai. Apanya yang salah ? kalo saya sih mungkin bahan tangkinya kurang tahan terhadap karat, dan terlalu tipis. Tapi dari pada ganti motor mending ganti tangki aja dah ...
Saya juga masih suka sama New megapro Ku itu ....

Antisipasi tangki keropos :
1. Pilih motor yang bahan tangkinya kira - kira terjaminlah tidak gampang keropos gitu ...                    (  salah pilih bocor dah tangkinya )
2.  Kuras tangki 3 – 6  bulan sekali untuk membuang air dan endapan, lebih sering lebih baik. Tapi capek juga ya dikit – dikit kuras tangki apa lagi kalo kuras pake di goyang – goyang karena memang desain tangki yang menyulitkan kalo dikuras seperti New Megapro.
3. Usahakan pakai bensin pertamax. Nah lo ... ditempat saya tidak ada pertamaxnya bagaimana ? ya ... susah juga....
4. Beli lah Bensin di POM bensin, jangan dieceran. Kalo darurat ya tidak apa – apa yang penting rajin kuras .... hehehe ( kalo material jelek tetep aja keropos ) 
5. Kalo cuci motor, sebaiknya hati – hati ketika menyiram tutup tangki, dan sebaiknya tutup tangkinya di tutupi dengan kantong plastik untuk menghindari masuknya air.
6. Kalo sudah bocor lem pakai lem besi, kalo dah banyak bolongnya, pake las dan cat ulang biar tetap bagus atau ganti tangki baru.
7. Kalo udah terlanjur kesal ganti Motor baru ja .....

YA....  mudah – mudahan produk Honda yang baru ini ( New New Megapro ) kelemahan terhadap tangkinya sudah diatasi karena sangat berbahaya...  kasian pelanggannya ... jika belum di atasi .....
  
Salam .... 

No comments:

Post a Comment