Wednesday, August 8, 2012

Gerbang Matra Gereja Kristen Sumba Waibakul

Apa Sih arti MATRA ? sy coba tanya kepada beberapa teman tentang gerbang ini, ternyata tidak ada yang tau artinya. Cari referensi di dunia maya yanga saya anggap mumpuni ternyata infonya juga sangat minim. Ini cuma dapat definisinya ... ... 

matra mat.ra
[n] (1) ukuran tinggi, panjang, atau lebar; dimensi; 
(2) ukuran banyaknya tekanan irama (dl musik); 
(3) Sas bagan yg dipakai dl penyusunan baris sajak yg berhubungan dng jumlah, panjang, atau
tekanan suku kata. 

 
Gereja Kristen Sumba ( GKS ) Jemaat Waibakul
Kabupaten Sumba Tengah 


Gerbang Matra 

Jadi Gerbang Matra artinya apa dong ? .... 
Hah ... Bingung juga ya ... sabar cari - cari info dulu ....
Ha ... setelah tanya - tanya, akhirnya dapat sedikit informasi ... 

Gerbang Matra artinya gerbang ukuran, yang mana gerbang ini memiliki bentuk segitiga sama sisi. Menurut cerita pak Yance, Segitiga sama sisi ini melambangkan Tritunggal ( Allah Bapa, Anak, Roh Kudus ). Gerbang ini dibuat dan didesain oleh seorang Guru dan Seniman yang bernama Bapak Kabubu Palandima. 


Gerbang ini sangat sarat dengan simbol dan makna Kristen atau Gerejawi misalnya pagar yang menyerupai orang bergandengan tangan itu melambangkan Warga Jemaat Gereja yang bersama - sama ( menurut saya " terlihat seperti laki - laki dan perempuan sedang bergandengan tangan " ). Ada juga lambang burung merpati putih, salib, mahkota duri yang melambangkan Yesus Kristus. Serta lambang 5 roti dan 2 ikan yang melambangkan kisah Yesus memberi makan 5.000 orang, lambang Gereja Kisten Sumba yaitu kisah kesatria berkuda putih yang terdapat pada Kitab Wahyu 6 : ayat 2, dan terakhir lambang Alkitab dan sebuah pena bulu yaitu lambang pekabaran Injil. 




Sayangnya Gerbang ini terlalu dekat dengan Jalan Negara dan kemungkinan suatu saat dapat tergusur pelebaran jalan dan karya Kabubu Palandima ini mungkin tidak dapat dilihat lagi sehingga mungkin akan kita / generasi berikutnya akan lupa bahwa GKS Waibakul pernah punya Gerbang Matra.


3 comments:

  1. Baru lihat dan baru tahu. info menarik, salam.

    ReplyDelete
  2. Gerbang matra singkatan dari : Gerakan Pembangunan Jemaat Sejahteta

    ReplyDelete
  3. Maaf saya mau luruskan sejarah pembuatan gerbangmatra.Gerbang ini yg mendesain dan yg membuat dengan tangannya sendiri yaitu Bpk.PELLO HERE,guru SPG Kristen Laikaruda bukan Bpk.Palandima.Terima kasih.

    ReplyDelete