Setelah membaca beberapa artikel
dan tulisan di dunia maya, ternyata banyak juga yang mempunyai masalah dengan
tangki new megapro yang cepat sekali keropos.
Hal ini mendorong saya untuk
membagikan pengalaman tentang hal ini. Kebetulan saya adalah pemilik kendaraan
berlambang sayap tersebut.
Awal mulanya motor ini saya beli
tahun 2006 lalu .... untuk saya gunakan sehari – hari dari kos ketempat kerja
di Semarang, dan seminggu sekali ke Wonogiri mudik hehehe....
Nih kondisi waktu baru beli dulu tahun 2006 |
Ketika beli dulu sempat sih milih
– milih dan bandingkan dengan motor – motor lainnya yang kira – kira sekelas
lah menurut saya ....
Sempat liat – liat Yamaha
Scorpio, dan Vixion cuma waktu itu yamaha scorpio saya anggap kegedean buat
saya yang agak kecil badannya sedangkan vixion waktu itu kalo mau harus inden
jadi saya beralih ke Honda Tiger dan New Megapro. Nah Tiger juga kegedean
apalagi dengar dari teman – teman mengatakan onderdilnya mahal . . .
jadilah ke New Mega Pro waktu itu minatnya ke motor laki, karena rasanya gagah dan
tenaganya diatas motor bebek mungkin ....
New megapro bagus bodinya saya suka, tidak terlalu besar dan
mesinya masih sejenis GL Pro jadi bengkel biasa dan teman saya dah biasa
nangani kalo ada masalah. Dengan pertimbangan tersebut jadilah beli New
Megapro... apalagi onderdilnya banyak bertebaran tinggal beli di bengkel kecil
juga ada mau ori ato tidak tergantung kocek aja ...
Ini kondisi setelah 4 tahunan dipakai |
Selama 2,5 tahun saya pakai tidak
ada masalah perjalanan Wonogiri – Semarang seminggu sekali aman dan lancar,
tarikan paslah tenaga Ok kadang suka berhadapan dengan Bus besar lumanya bisa
ngejar dan nyalip cepat kira – kira cocoklah sama karakter berkendara saya.
Pikir saya paling awet nih motor tinggal ganti oli dan servis rutin doang.
Selama 2,5 tahun saya pakai tidak
ada perbaikan berarti paling lampu Spidometer ada yang mati, Lampu besar mati,
dan Tali gas serta Tali Kopling Putus. Beli gantinya juga murah lampu spido
paling Rp. 1.000 ,- per biji, dan lampu besarnya tidak putus cuma timah di lampunya
saja tuh yang memleleh jadi di solder lagi bisa dipakai sampai sekarang. Sedang
tali gas dan kopling sekitar 15 ribu sampai 35 ribu, tali kopling bisa di oplos
dengan tali kopling Vespa Cuma ya jadi agak berat aja nariknya. Tapi saya pilih ganti aja
dengan yang biasa di bengkel lumayan tahan juga tali gas dan koplingnya.
Karena Satu dan lain hal akhirnya
saya harus keluar pulau jawa untuk bekerja, akhirnya Motor ini pula yang saya
boyong Ke NTT, dan saya pakai kerja, serta masuk kekuar kampung dengan medan yang
cukup berat ( tak ber - aspal ) tanpa masalah, sampai suatu ketika Aki mulai minta
diganti, dan tali spido dan rpm menyusul. Kurang lebih sudah 3,5 tahun lah saya
pakai dan masuk tahun ke 4 mulai tercium aroma tidak sedap dari bawah tangki
dekat keran .... nah ini dia masalah besar datang, ternyata tangkinya bocor duh
... duh.... nih motor kesayangan yang saya gunakan dalam perjalanan jauh ini mulai tidak
menyenangkan dan selalu membawa saya was .. was ... mengingat tangki bahan bakar
itu sangat vital, jika salah bisa – bisa meledak sama orang – orangnya. Cek ...
cek .... huhf... ngeri juga.
Akhirnya Saya bawalah ke teman untuk liat,
dibuka dan dikuras tangkinya eh keluar lumpur warna coklat tebal banget, kata
kenalan saya itu ( mas Dar ) itu karena tidak pernah dikuras tangkinya dan
kemasukan air dari tutup tangki atau bisa juga bensinnya mengembun... tapi saya
kalo ngisi bahan bakar selalu di POM bensin, Kok bisanya ... mungkin waktu
nyuci motor saya juga kurang perhatian keasikan nyuci air masuk dari lubang
kunci di tangki...
Hasilnya 3 buah lubang kecil - kecil di tambal dengan lem besi. Saya kembali
percaya diri dengan motor ini ....
Semangat ....
Sekarang kalo cuci motor pake
tutup kantong kresek di tutupan tangki supaya tidak kemasukan air.
1 bulan saya pakai mulai lagi bensinya merembes, saya kira sudah
aman ternyata ... ... tidak. kali ini saya bawa ke bengkel kenalan juga ( Mas
Mat ) baru diperhatikan, banyak sekali cat luar dan bawah tangki yang sudah
melendung dan itu gejala bocor ... setelah digaruk, Gila .... bagian bawah
tangki sebelah luar dan dalam kiri dan kanan dari depan sampai belakang lubang ukuran kecil, sampai sedang wah bisa 30 sampai 40 lubang ... mampus aku ....
solusinya gimana nih mas ... “ kata ku “ ya diganti, duh ... ditempat terpencil
begini nyadi dimana Tangki New Mega Pro Ori, paling yang ada tangki GL Pro...
akhirnya putuskan dilem dulu sambil saya pesan tangki dulu di Bali mungkin ada
...
Tuh perhatikan bagian bawah tangki sudah saya lem dengan lembesi.
Sebenarnya bagian dalam bawah juga ada banyak bolong yang sudah saya lem dengan lembesi.
|
Setelah itu, setiap hampir 1
Bulan atau 2 bulan ada saya lubang baru, stress .... dah ... pokoknya, saya
tambal dengan Sabun Cap tangan untuk sementara dan kalo ada waktu saya bongkar
sendiri dan saya lem dengan lem besi ... dalam hati, “ hancur dah motor ku “ jadi
tidak karuan modelnya tambalan kiri kanan dan sana sini huf mau bagaimana lagi.
Sampai saatnya datang lah tangki
yang saya pesan kepada paman saya yang ada di Bali untuk memebelikan tangki New
Mega Pro, eeehhh ternyata yang datang tu tangki GL Pro original, buset
melayangdah 700 rb duit ku untuk biaya pembelian tangki dan ongkos kirim ke
sumba barat, NTT.
Biar bagaimanapun sudah kepalang
basah di pakai saja tangki GL tu.... ternyata jelek banget, jok nya nggak pas
.... akhirnya nggak jadi dipakai mending dijual lagi ma teman kali aja ada yang
mau. Solusi lagi dari teman coba dilas dan di cat ulang, akhirnya saya bawa
tangkinya untuk dilas dan cat ulang.
Nih dia bisa ternyata, plat yang
keropos diganti semua, di dempul dan dicat hitam lagi jadi. 400 rb melayang dan 35 rb untuk stiker pesan di
sumba timur. Tangkinya ditempeli stiker dan di kelir rapi banget puas ... dan
bagus banget.
Nih Kondisi setelah tangki di Las dan dicat ulang serta ditempeli stiker dan di Clear.... Lumayan dari pada bocor sana sini .. |
Tanya – tanya di bengkel sini ternyata ada banyak motor New Megapro yang bocor bahkan ada yang baru beberapa
Bulan di beli sampai 1,5 tahun dipakai dah bocor ... duh ... kasian banget
mending saya 4 tahun di pakai. Apanya yang salah ? kalo saya sih mungkin bahan
tangkinya kurang tahan terhadap karat, dan terlalu tipis. Tapi dari pada ganti
motor mending ganti tangki aja dah ...
Saya juga masih suka sama New
megapro Ku itu ....
Antisipasi tangki keropos :
1. Pilih
motor yang bahan tangkinya kira - kira terjaminlah tidak gampang keropos gitu ... ( salah pilih bocor dah tangkinya )
2. Kuras
tangki 3 – 6 bulan sekali untuk membuang
air dan endapan, lebih sering lebih baik. Tapi capek juga ya dikit – dikit
kuras tangki apa lagi kalo kuras pake di goyang – goyang karena memang desain
tangki yang menyulitkan kalo dikuras seperti New Megapro.
3. Usahakan
pakai bensin pertamax. Nah lo ... ditempat saya tidak ada pertamaxnya bagaimana
? ya ... susah juga....
4. Beli
lah Bensin di POM bensin, jangan dieceran. Kalo darurat ya tidak apa – apa yang penting rajin kuras .... hehehe ( kalo material jelek tetep aja keropos )
5. Kalo
cuci motor, sebaiknya hati – hati ketika menyiram tutup tangki, dan sebaiknya
tutup tangkinya di tutupi dengan kantong plastik untuk menghindari masuknya
air.
6. Kalo
sudah bocor lem pakai lem besi, kalo dah banyak bolongnya, pake las dan cat
ulang biar tetap bagus atau ganti tangki baru.
7. Kalo
udah terlanjur kesal ganti Motor baru ja .....
YA.... mudah – mudahan produk Honda yang baru ini (
New New Megapro ) kelemahan terhadap tangkinya sudah diatasi karena sangat
berbahaya... kasian pelanggannya ...
jika belum di atasi .....
Salam ....
No comments:
Post a Comment