Saturday, September 29, 2012

Eksotik Pantai Aili Berpasir Putih

Pantai Aili ( Konda Maloba ) terletak di Kabupaten Sumba Tengah dengan jarak kurang lebih 25 Km dari Ibu Kota Kabupaten Sumba Tengah Waibakul. Pantai ini memang masih sangat asri dan alami, mengingat jarak nya yang cukup jauh dari Ibu Kota Kabupaten induk Sumba Barat, Waikabubak yaitu sekitar 50 Km. Selain itu pula akses jalan yang masih belum memadai sehingga untuk mencapai pantai ini haruslah menggunakan kendaraan berpenggerak 4 x 4 atau 4WD atau dengan mengendarai sepeda motor. Pantai yang sangat indah ini memiliki pasir yang putih bersih bebas dari sampah plastik, serta air yang sangat bening.


Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah saat ini sedang berupaya membangun fasilitas atau insfrastruktur jalan yang memadai demi akses masyarakat kepantai Aili ini yang masih satu garis pantai dengan Pantai Konda dan Pantai Maloba. Apa lagi dengan potensi wilayah yang kaya akan hasil laut dan potensi pemancingan dan wisata laut.


Rumah Eja satu - satunya penghuni Pantai Aili 

Sumba Tengah memiliki satu - satunya penginapan yaitu Wisma Pemda Solapora, jika kita berkunjung ke sumba / Sumba Tengah dapat menginap di wisma ini sehingga dapat lebih dekat ketika kita akan mengunjungi beberapa tempat di seputaran Kabupaten Sumba Tengah. Sehinnga dapat menghemat waktu dan biaya.


Lihat pasir putihnya dan kebersihan yang alami dari Pantai Aili ( Konda Maloba ) sangat alami. Apabila ingin ke Apntai Aili, sebaiknya perikksa kendaraan dalam kondisi OK, 4x4 atau motor dengan ketinggian yang memadai jenis Trail lebih baik. Usahakan lebih dari 1 kendaraan, ajak penduduk lokal sebagai penunjukjalan, bawa perbekalan yang cukup, serta jangan lupa berdoa. Perjalanan kategori Off road 20 km. 


Sulitnya perjalanan menuju pantai aili akan segera terbayarkan oleh keindahannya.







No comments:

Post a Comment